Spread the love

Kerjasama Sekolah dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri di SMK Negeri 9 Pandeglang. Kerjasama Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) merupakan strategi pembelajaran dan bisnis yang dapat memberikan keuntungan kedua belah pihak. Praktik Kerja Industri (Prakerin) merupakan bagian dari program pembelajaran yang harus dilaksanakan oleh setiap peserta didik di dunia kerja, sebagai wujud nyata dari pelaksanaan sistem pendidikan di SMK yaitu Pendidikan Sistem Ganda (PSG).

Secara terapan, tujuan PSG adalah menghasilkan tenaga kerja yang memiliki keahlian profesional, yaitu tenaga kerja yang memiliki tingkat pengetahuan, keterampilan, etos kerja yang sesuai dengan tuntunan lapangan kerja. Kerjasama sekolah dengan DUDI sebagai keberhasilan kerjasama dalam program prakerin. Untuk menjalin adanya kerjasama dalam meningkatkan keberhasilan lulusan SMK kedepannya. Agar program prakerin dapat berhasil maka SMK dituntut untuk memiliki kemampuan dan kemauan yang profesional dalam bidang bekerja. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif, yaitu suatu metode penelitian yang menafsirkan dan menjelaskan suatu fenomena/peristiwa sosial di masyarakat secara ilmiah. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus.

Berdasarkan temuan penelitian maka disarankan kepada: 1) SMK Negeri 9 Pandeglang lebih aktif dalam meningkatkan kerjasama sekolah dengan DUDI, tidak hanya dalam pelaksanaan prakerin tetapi kerjasama dalam bidang lainya.

Terutama untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dalam keterampilan, kemampuan dan kualitas lulusan yang profesional; 2) Ketua Pokja Prakerin disarankan untuk meningkatkan pengetahuan dalam bidang pendidikan yang berhubungan dengan kerjasama, serta dapat mempererat kerjasama yang baik lintas sektor dengan lembaga pendidikan non formal di luar sekolah; 3) DUDI diharapkan untuk tidak banyak menarik keuntungan sendiri akan tetapi DUDI bersungguh-sungguh membimbing siswa dalam pelaksaan prakerin sebagai pengetahuan, pengalaman dan peningkatan keterampilan siswa dan DUDI memberikan kenyamanan selama siswa prakerin; dan 4) Peneliti lain disarankan untuk mengembangkan penelitian terkait dengan kerjasama sekolah dengan DUDI dalam kontek yang luas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *